Pada hari Senin tanggal 22 Februari 2015, bertempat di salah satu ruang sidang kantor Pengadilan Negeri Tobelo, dilaksanakan rapat yang dihadiri Jajaran Pimpinan, Hakim, dan Pegawai Pengadilan Negeri Tobelo. Rapat dimulai Pukul 10.00 WIT sampai dengan Pukul 12.00 WIT. Di dalam rapat ini disosialisasikan hasil pelatihan atau diklat yang telah diikuti oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tobelo, Bapak Adhi Satrija Nugroho, SH di Megamendung (Bogor), yaitu pelatihan tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Ketua Pengadilan Negeri Tobelo, Bapak Iwan Wardhana, SH memimpin langsung rapat yang dilaksanakan di salah satu ruang sidang tersebut. Dalam pembukaan rapat, pimpinan rapat mengamanatkan beberapa hal, diantaranya adalah :

  • Supaya semua bagian dapat menyelesaikan pekerjaan yang belum terselesaikan;
  • Untuk memperlancar pekerjaan, diharapkan dari tingkat pimpinan sampai pada bagian kepaniteran dan kesekretariatan menyusun rencana kerja setiap minggunya;
  • Setiap pegawa wajib selalu menjaga kebersihan ruangan kerja dan lingkungan kantor Pengadilan Negeri Tobelo;
  • Saling berkoordinasi dalam pekerjaan.

Setelah rapat dibuka oleh pimpinan rapat, dilanjutkan penyampaian hasil pelatihan Keterbukaan Informasi Publik yang disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tobelo. Belau menyampaikan bahwa Pengadilan sebagai badan publik memiliki berbagai macam dokumen yang dapat dikategorikan sebagai informasi publik. Yang dimaksud dengan informasi publik sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh suatu Badan Publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan Negara Badan Publik lainnya serta informasi lain yang berkaitan dengan Kepentingan Publik.

Kemudian Bapak Adhi Satrija Nugroho, SH menyampaikan secara garis besar bahwa Pengadilan Negeri Tobelo sebagai badan publik harus membuka diri atau lebih transparan dalam pelaksanaan tugasnya sebagai lembaga peradilan, baik dalam tugas teknis maupun non teknis melalui penyediaan sarana informasi yang dapat diakses oleh publik. Penyampaian informasi pada lembaga perdilan dapat dilakukan dengan dua model yaitu melalui website dan meja informasi. Baik website maupun meja informasi akan menggambarkan kinerja suatu lembaga peradilan yang akan terus dipantau oleh Mahkamah Agung dan masyarakat.

Dengan adanya sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik ini diharapkan pemahaman dari warga lembaga Peradilan bahwa pemberian informasi yang lengkap, akurat, dan akuntabel merupakan tugas pokok yang tidak boleh diabaikan. Hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi Pengadilan Negeri Tobelo untuk terus meningkatkan pelayanan publik melalui sistem informasi yang tidak hanya berbasis Teknologi tetapi juga didukung oleh sumber daya manusia yang handal. Sebagaimana disampaikan oleh Ketua Pengadilan Negeri Tobelo bahwa sumber daya manusia Pengadilan Negeri Tobelo pasti mampu untuk melaksanakan tugas-tugas badan peradilan dan tugas pokok lainnya.

Sosialisasi diakhiri dengan tanya jawab seputar materi dan implementasi Keterbukaan Informasi Publik, serta mengenai pelaksanaan tugas teknis maupun administrasi perkantoran di lingkungan Pengadilan Negeri Tobelo. Semoga rapat dan sosialisasi yang telah dilaksanakan dapat memberikan manfaat dan kemajuan bagi kinerja Pengadilan Negeri Tobelo.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

8 8 6 9 7
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
678
664
88697
0
13761
16827
88697
IP Anda : 54.166.85.29
2017-03-28 22:46